close

Blog

Get Updated with our latest information news and tips

Related Blogs

Percantik Rumah Anda dengan 8 Jenis Tanaman Hias Daun ini

04 Oktober 2017

Pernah merasa kalau suasana rumah terkesan gersang?
Mengganti warna cat dinding mungkin bisa memberikan pengaruh yang signifikan, namun bukan jaminan suasana rumah akan terasa hidup. Mengaplikasikan tanaman hias daun di dalam rumah bisa jadi solusi agar rumah Anda tidak tampak tandus dan semakin semarak serta berwarna.

Berikut tanaman hias daun yang cocok diterapkan di ruman Anda

Pokok Duit-Duit (Epipremnum Aureum)

Tanaman pokok duit duit bisa menghiasi ruang keluarga atau ruang tamu Anda dengan cara di tanam pada sebuah vas bunga atau pot kecil. Anda akan langsung jatuh hati pada tanaman ini jika Anda suka hal yang mungil dan simpel.
Cara merawatnya hanya dengan menyiram nya dengan air secukup nya, karena tanaman ini tidak memerlukan banyak air. Tanaman ini juga tidak perlu sinar matahari langsung, pas diletakkan di dalam ruangan.

Bunga Krisan (Chysanthemum)

Di Indonesia, bunga Krisan biasa disebut dengan Bunga Seruni. Tanaman ini memiliki warna-warni memikat seperti merah muda, ungu, dan kuning. Cocok untuk Anda yang ingin memiliki tanaman hias beraneka warna. Kerennya lagi, tanaman hias daun ini mampu menetralkan udara dari unsur-unsur yang merugikan tubuh manusia.

Cara merawat tanaman ini adalah jangan paparkan pada matahari langsung. Kalau Anda tinggal di dataran tinggi, tanaman bunga krisan cocok dipelihara di dalam rumah. Suhu 7 derajat sampai 28 derajat selsius adalah tempat yang ideal untuk memelihara tanaman hias daun ini.

Lidah Mertua (Sansevieria)

Cara merawat tanaman asli Afrika ini adalah dengan air dan sinar matahari yang cukup. Tapi tetap hindari dari sinar matahari langsung.

Memberi kesan yang dinamis jika diletakkan di ruang tamu, karena lidah mertua memiliki corak yang unik. Cocok ditanam di sebuah pot yang tinggi atau pot yang memiliki penyangga.

Tanaman ini memiliki berbagai manfaat selain mudah dirawat dan bentuk nya yang artistik.  Diantaranya adalah Lidah Mertua diyakini mampu mengurai racun yang terdapat di udara, seperti benzene, CO2, dan kloroform. Bukan hanya itu, tanaman hias daun ini juga bisa menangkal polusi dan radikal bebas.

Kaktus

Tanpa perawatan khusus, tanaman kaktus yang imut dan elok tetap mampu mempermanis tempat tinggal Anda. Disiram air seminggu sekali dan terpapar sinar matahari sedang sudah cukup membuat kaktus Anda bertahan hidup.

Siklok (agave Attenuate)

Tanaman ini pas diterapkan di taman belakang atau teras rumah. Bentuk tanaman hias daun yang satu ini menyerupai pedang dengan warna kekuningan di tepinya dan hijau pada bagian tengah.

Selain bisa membuat halaman rumah Anda menjadi lebih asri, tanaman ini ramah di kantong. Cara merawatnya pun hanya perlu menyiramnya tiap pagi dan memberi pupuk beberapa minggu sekali. Keunggulan lainnya adalah tanaman hias daun ini tahan terhadap sinar matahari seharian loh!

Palem Kuning (Ypsis Lutescens)

Dengan detail daun-daun ramping berwarna hijau dengan batang kuning berwarna kuning cerah, tanaman hias daun jenis ini mampu membuat pekarangan tampil lebih ceria. Saat terpapar matahari langsung, tanaman ini akan terlihat eye cathcing, terutama oleh dedaunannya yang rimbun.

Selain cantik dipandang, tanaman ini juga bermanfaat untuk membersihkan udara. Agar warna nya tidak gampang pudar, pastikan tanaman hias daun ini terpapar oleh sinar matahari yang cukup.

Kalatea (Calathea)

Bagi Anda yang ingin memiliki variasi warna pada tanaman hias daun di dalam rumah, maka Kalatea ini bisa jadi solusi. Warna hijau, putih, dan merah hati yang berpadu mampu menciptakan suasana rumah yang lebih hidup dan berseri.

Cocok diletakkan dekat jendela agar mendapat sinar matahari langsung sesuai dengan kebutuhannya. Bisa menggunakan pot dengan warna yang kalem seperti gading atau putih. Pastikan media tanamnya tidak terlalu kering atau basah meski Anda perlu menyiramnya setiap hari. Berikan pula pupuk setiap beberapa bulan.

Kuping Gajah (Anthurium Chrystalinum)

Keberadaan tanaman jenis ini memang tidak pernah mati sebagai tanaman hias daun, tanpa bergantung pada tren seperti beberapa tanaman hias daun lainnya. 
Terkesan gagah dengan daun nya yang tebal namun tetap memberikan suasana sejuk. Tempatkan daun ini pada lokasi yang teduh agar mendapat paparan sinar matahari yang cukup. Jika salah merawatnya, daun kuping gajah akan layu


[ikad-team]

Related Blogs