close

Blog

Get Updated with our latest information news and tips

Related Blogs

Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Jenis Ubin Keramik

25 Maret 2017

Ubin keramik adalah material bahan yang awet dan praktis dalam perawatannya. Sangat mudah diaplikasikan pada ruangan yang ada karena tersedia dalam berbagai ukuran, motif, tekstur, bentuk, hingga warna. Untuk menentukan jenis dan type ubin keramik yang paling tepat dan cocok untuk rumah adalah yang sesuai dengan kondisi kebutuhan dan fungsi ruang.

Hampir setiap tukang/pekerja bisa dengan mudah mengerjakan pekerjaan pemasangan ubin keramik. Agar dapat mengaplikasikannya dengan baik, ketelitian dan kesabaran harus diperhatikan. Ubin keramik yang tersedia di pasaran biasanya ada ubin mozaik, ubin quarry, ubin glazed, dan porselin.

Ubin Glazed 

Ubin glazed yang kasar anti-slip merupakan pilihan yang cocok untuk ruangan pada kamar mandi. Tersedia dengan berbagai permukaan yakni glossy, matte, dan kasar (tidak licin). Pengecualian  untuk yang glossy, tidak cocok digunakan untuk kamar mandi dan dapur karena akan menjadi licin ketika terkena air.

Ubin Mozaik

Tersedia dalam berbagai jenis bahan kaca, hingga keramik. Juga tersedia dalam beraneka motif, pola dan gambar yang kesemuanya ini sangat menarik untuk dilihat tergantung selera.

Ubin Porselin

Cocok digunakan untuk dinding kamar mandi, kolam renang atau bak mandi. Lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis yang lain karena proses pembakarannya di temperatur tinggi, sel serta pori-pori jenis ini sangatlah rapat sehingga lebih kedap air. 

Ubin Quarry

Identik dengan warna natural pada umumnya, misalnya  merah hati, merah tuan,abu-abu, cream atau cokelat karena terbuat dari campuran tanah liat (tergantung pada suhu pembakaran).  Tentunya tidaklah cocok untuk dapur karena akan menimbulkan noktah atau noda bila terkena kotoran.

Anda bisa menentukan jenis-jenis mana yang cocok untuk sebuah ruangan dengan berpedoman pada kelebihan dan kekurangan dari jenis ubin di atas. Lantai keramik yang baik dapat bertahan berabad-abad, maka pilihan harus dibuat hati-hati, karena investasi keramik dapat setua umur rumah itu sendiri.


[ikad-team]

Related Blogs